Blog Single

09 Feb

Pasca Banjir, BSMI Mengimbau Warga Pastikan Rumah Aman Sebelum Pulang

BSMI Jakarta, Condet – Pasca banjir yang melanda jakarta, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang menjadi korban banjir untuk memastikan keamanan rumah dan lingkungan sekitarnya sebelum kembali ke kediaman masing-masing.

Jika warga mengungsi saat banjir, saat kembali ke rumah perhatikan situasi sekitar dengan cermat untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman. Jangan langsung masuk ke dalam rumah.

Rumah yang ditinggalkan kosong dan tergenang air akibat banjir memiliki potensi bahaya yang bisa menimbulkan kerugian materi dan jiwa jika tidak diperhatikan. Bahaya itu antara lain retakan di bagian rumah, kabel terkelupas atau putus yang masih dialiri listrik, kebocoran gas atau menjadi tempat tersembunyi binatang-binatang yang berbahaya. Oleh karenanya diperlukan penanganan khusus dan seksama saat memasuki rumah yang usai terkena banjir.

Saat masuk ke dalam rumah harus gunakan alas kaki, lalu mulai bersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Cuci perlengakapan makan dan barang lainnya dengan sabun antikuman. Tidak lupa perhatikan kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari penyakit.

Banjir yang terjadi biasanya juga turut membawa sampah, endapan lumpur, atau genangan air kotor yang bisa tertinggal di dalam rumah atau lingkungan sekitar. Semua itu bisa menjadi sumber penyakit.

Bersihkan lumpur dan sampah yang tertinggal karena dikhawatirkan bisa menjadi sumber munculnya demam berdarah akibat nyamuk yang bersarang di lokasi yang tergenang air atau penyakit akibat kotoran tikus. Jangan gunakan air bekas genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah Anda karena rawan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya.

Related Posts

Leave A Comment