Blog Single

25 Sep

MCK untuk Korban Gempa Lombok

Mandi cuci kakus biasa di singkat menjadi MCK merupakan salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama untuk keperluan mandi, mencuci dan buang air oleh beberapa keluarga di lokasi pemukiman tertentu yang dinilai tingkat kemampuan ekonomi rendah dan berpenduduk cukup padat seperti kondisi tempat pengungsian ribuan manusia terdampak gempa di Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara.

MCK sehat mencerminkan kesehatan lingkungan masyarakatnya yang berujung pada terhindarnya berbagai jenis penyakit.

Mengamati kondisi lingkungan pengungsian di daerah terdampak gempa dengan ribuan pengungsi yang tersebar di tenda-tenda, MCK pada kenyataannya tidak tersebar merata pembangunannya bahkan jumlah MCK bersih yang dibangun berbanding terbalik dengan jumlah pengungsi. Kondisi ini memaksa korban mendirikan toilet “asal jadi” dengan hanya berdinding karung atau sarung beratap langit, jauh dari rasa aman bagi penggunanya. Itupun tidak ada lubang pembuangan air besar seperti yang banyak terlihat di dusun Karang Subagan ketika relawan BSMI jauh memasuki wilayah pengungsian.

“Kalau buang air besar kami masuk ke hutan di balik semak-semak jika terburu buru atau saat toilet yang jaraknya jauh itu penuh. MCK disini hanya untuk buang air kecil atau mandi”, ujar pak Slamet, salah seorang pengungsi.

Terlebih musim hujan sdh datang. Dengan buruknya MCK, genangan air akan menjadi sarang bagi nyamuk demam berdarah dan sumber penyakit seperti cacingan atau diare karena munculnya banyak bakteri.

Melihat kondisi ini, BSMI membangun MCK untuk warga di beberapa titik pengungsian sesuai kebutuhan korban terdampak. Sanitasi dan air bersih ini merupakan program Rumah Sakit Lapangan BSMI.

Rencana ke depannya, pembangunan akan terus dilanjutkan untuk menjaga kesehatan para pengungsi.

Related Posts

Leave A Comment