7 Manfaat Minum Black Coffee untuk Kesehatan

20 April 2020 - Kategori Blog

Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Indonesia yang masuk dalam sepuluh besar negara penghasil kopi terbesar di dunia ini memiliki banyak penggemar kopi sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan kedai kopi di Indonesia, mulai dari kedai kopi kaki lima hingga sekelas coffee shop yang digemari anak muda. Kebanyakan anak muda lebih memilih untuk meminum kopi yang sudah dimodifikasikan dengan susu, cream, gula hingga cokelat. Tapi tak jarang ada juga yang lebih suka minum black coffee alias kopi hitam. Buat para coffee addicted, meminum black coffee tanpa tambahan gula itu memiliki sensasi pahit dan segar tersendiri. Di balik rasa pahit, ternyata black coffee memiliki banyak manfaat manis loh untuk kesehatanmu, seperti:

  1. Sumber Antioksidan Tubuh

Black coffee merupakan minuman yang kaya akan nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium dan magnesium ini berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk tubuh. Kedua nutrisi ini tak hanya menjadi sumber antioksidan, tapi juga bisa menjaga imun tubuh kamu agar tetap sehat.

  1. Mengurangi Kerusakan Otak

Jika rutin mengkonsumsi black coffee, maka kamu bisa mengurangi kerusakan otak yang timbul akibat bertambahnya usia. Efek meminum black coffee saat muda akan lebih terasa saat kamu sudah tua nanti karena black coffee bisa mencegah kerusakan fungsi otak saat usia kamu sudah tua. Black coffee juga bisa mempertajam daya ingat kamu dan mencegahmu dari kepikunan.

  1. Mencegah Resiko Diabetes

Dengan mengkonsumsi black coffee tanpa gula, kamu bisa lebih memaksimalkan manfaat dari kopi itu sendiri. Black coffee tanpa gula yang memiliki citarasa pahit ini bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah kemungkinan kamu terkena resiko diabetes, terutama diabetes tipe 2. Orang yang biasa mengkonsumsi black coffee secara rutin juga bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Black coffee yang memiliki kandungan antioksidan ini bisa mengurangi resiko kanker jika kamu meminumnya secara rutin dan dalam dosis yang tepat. Jenis kanker yang dapat diminimalkan oleh black coffee adalah kanker payudara dan kanker hati sehingga black coffee akan sangat bagus dikonsumsi secara rutin oleh wanita. Minum black coffee tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Black coffee mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Berbagai jenis makanan yang kamu konsumsi secara tidak langsung akan membentuk efek pada jantung seperti lemak yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini maka mengonsumsi black coffee tanpa gula sangat disarankan.

  1. Membantu Diet

Banyak wanita yang berdiet dengan cara mengurangi karbohidrat dan protein. Tapi pernahkah kamu berdiet dengan cara mengonsumsi black coffee tanpa gula? Black coffee tanpa gula ini sangat rendah kalori sehingga mampu membantu kamu menurunkan berat badan dengan mudah. Black coffee ini sangat bagus untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Saat sedang berdiet hindari meminum black coffee dengan tambahan lainnya seperti gula, cream, dan susu karena justru bisa menaikkan berat badan kamu.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Kamu pasti pernah mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor sambil menyeruput kopi. KopiĀ  dipercaya mampu meningkatkan produktivitas, apalagi jenis kopi yang kamu konsumsi adalah black coffee. Black coffee memiliki kadar kafein yang cukup tinggi sehingga bisa merangsang sistem saraf dan meningkatkan kinerja otak agar tidak merasa mengantuk atau lelah.

Yuk perbanyak konsumsi kopi hitam yang bermafaat untuk kesehatan mu.

 
Chat via Whatsapp