Blog Single

11 Jun

Bakti Sosial BSMI DKI Jakarta : Membersihkan Masjid Jamie AT-TIQIEN

Jakarta – Sebanyak 13 orang anggota BSMI DKI Jakarta ikut andil dalam salah satu program kegiatan bakti sosial di bulan ramadhan yaitu membersihkan masjid di daerah jakarta selatan. Bakti sosial dilakukan di masjid Jamie An Nur yang berlokasi di Warung Sila Jl. Moh Kahfi RT 02/08 Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Kegiatan bersih-bersih masjid ini adalah yang kedua kalinya pada bulan ramadhan 1438H, yang sebelumnya diadakan di Masjid Jamie AT-TIQIEN daerah Jakarta Barat. Bakti sosial ini dihadiri oleh staff, latsar dan empat angkatan ICT yaitu dari ICT 1, ICT 2, ICT 3, ICT 4 yang seluruhnya berasal dari berbagai daerah di Jakarta, Bekasi dan Depok.

Kegiatan bersih-bersih masjid ini dijadwalkan dari jam 07.30 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Alhamdulillah dari interior masjid (karpet, sajadah, peralatan shalat dan lainnya), eksterior (kaca, dinding, lantai pelataran masjid, dan lainnya), WC sampai tempat wudhu masjid berhasil dikerjakan dan selesai sesuai jadwal. Kegiatan bersih-bersih masjid kali ini selain mendapat apresiasi yang positif dari tokoh agama dan masyarakat setempat, takmir masjid juga ikut andil dalam kegiatan kali ini.

Mengingat pada bulan ini semakin banyak kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjamaah di masjid seperti buka bersama, sahur, itikaf, shalat wajib dan sunnah, shalat tarawih, pesantren kilat, kajian rutin ramdhan, dan banyak lagi lainnya, kegiatan Bersih-Bersih Masjid ini sangat penting untuk dilaksanakan. Bapak KH. Muhammad Dani selaku Ketua Takmir Masjid Jami An Nur menjelaskan, “Masjid merupakan pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari. Saban bulan ramadhan apa lagi? Tidak hanya kegiatan yang bertambah, jumlah jamaah yang beribadahpun meningkat, jadi diperlukan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman. InsyaAllah kegiatan ini mampu mewujudkan salah satu pilar iman paling penting bagi umat Muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lahiriah (jasmani) ataupun batiniah (rohani).” sambung beliau.

Selanjutnya, para relawan mengakhiri kegiatan dengan doa bersama yang di pimpin oleh Ketua Takmir Masjid Jamie

Related Posts

Leave A Comment